CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Kamis, 23 Oktober 2008

TUTORIAL INSTALASI JOOMLA

Joomla adalah salah satu CMS (Content Management System) yang terpopuler saat ini. mungkin ada yang bertanya apa itu CMS?? CMS adalah semacam website yang sudah jadi dan hanya tinggal pake. CMS ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan public akan website. Jadi untuk lebih mengerti apa itu CMS, bisa di analogikan dengan MS Word, MS Word adalah software penanganan text yang dibuat untuk public dengan berbagai macam fasilitas. Nah CMS juga sama seperti MS Word. Sudah jelas kan!!.


setelah sebelumnya gelar CMS terpopuler di miliki oleh PHP Fusion, PHP Nuke, Mambo CMS dan kini Joomla CMS. Kalo di perhatikan Joomla CMS ini banyak sekali kemiripan dengan Mambo CMS. Anda tahu kenapa? Karena salah satu develop nya joomla adalah mantan karyawan nya Mambo CMS jadi bukan karena mbajak Mambo CMS.
Articles ini ditujuakan bagi siapa saja yang ingin mempelajari tentang Joomla CMS lebih jauh. Saya akan memulai nya dari dasar, yaitu mulai dari cara menginstall joomla di computer local. Oke anda setuju?? Bila setuju silahkan lanjutkan…
sebelum anda menginstall Joomla CMS check dulu apakah computer anda sudah terinstall PHP Server? Apakah anda punya master Joomla CMS?? Kalau computer anda belum terinstall PHP Server, silahkan anda install dulu bila anda belum punya master Joomla CMS, silahkan anda download dulu masternya di
Oke pada langkah ini saya anggap semua kebutuhan dasar sudah terpenuhi (Server, Master Joomla CMS). Kini anda extract Master joomla (bila file masih berupa *.zip atau *.rar). setelah di extract, silahkan anda copy master joomla ke dalam folder server (secara default folder server terletak pada folder htdocs (pada server seperti; PHP Triad, Apache2Triad, Xampp) atau jika tidak terdapat htdocs anda bisa meletakan pada folder www (bila server yang dipakai adalah seperti Appserv).



Setelah process copy selesai, kini coba anda buka salah satu browser example; internet explorer, opera, mozila, nestcape navigator, avant browser, dll. Coba anda ketikan pada address bar “localhost” kemudian tekan tombol enter. Apabila halaman localhost ditemukan itu artinya tidak ada masalah, sebaliknya bila tidak ditemukan, kemungkinan ada beberapa masalah yang terjadi dengan computer anda. diantaranya PHP server belum diaktifkan, bila masalah ini terjadi, coba anda aktifkan apacher server pada pengaturan server anda.

Ok kali ini langkah keempat langsung menuju instalasi Joomla CMS. Sekali lagi pada langkah ini saya anggap langkah pertama sampai ketiga tidak ada masalah. Untuk selanjutnya buka master Joomla CMS anda pada address bar di browser yang anda gunakan.

0 komentar:

kasih makan ya...